SURVEI

SURVEI

Sarul Mardianto

     Istilah survei biasanya disamakan dengan istilah observasi dalam pengertian sehari-hari. Padahal survei dan obserfasi mempunyai makna/pengertian yang berbeda, meskipun diantara survei dan obserfasi merupakan kegiatan yang saling berhubungan. Singarimbun (1991, p.3) mengungkapkan pengertian mengenai survei, beliau mengatakan bahwa survei adalah “penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan biasanya menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data”. Menurut suhermin (yang dimuat dalam blognya “suhermin.blogspot.com”), survei adalah aktivitas untuk melihat dan mengetahui sesuatu (seperti : jumlah orang, persepsi atau pesan-pesan tertentu). sedangkan Dalam kamusnya Webster menyebutkan bahwa pengertian survei adalah kondisi tertentu yang menghendaki ketepatan/kepastian informasi yang dihimpun, terutama bagi orang – orang yang bertanggung jawab atau yang tertarik. Dari berbagai devinisi tentang survei tersebut di atas dapat di simpulkan bahwa survei merupakan suatu aktivitas atau kegiatan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan suatu kepastian informasi (seperti : jumlah orang, persepsi atau pesan-pesan tertentu), dengan cara mengambil sampel dari satu populasi dan biasanya menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok.

     Survei secara ilmu penelitian juga dapat dibagi kedalam beberapa jenis ilmu penelitian, yaitu : Penelitian deskriptif, Penelitian eksploratif,  Penelitian Eksplanasi, Penelitian evaluasi, Penelitian pengembangan sosial, dan Penelitian prediksi. Kesemuanya ini memiliki makna dan pengertian yang berbeda, berikut saya akan menguraikan pengertian-pengertiannya.

1. pengertian “Penelitian deskriptif”, adalah : Mempelajari masalah dalam tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi dan kondisi, pandangan, pengaruh dari suatu kejadian, dan pengukuran yang jelas tentang kejadian dalam masyarakat. Peneliti mengembangkan konsep, menghimpun fakta, tapi tidak menguji hipotesis.

2. pengertian “Penelitian eksploratif”, adalah : pengetahuan peneliti tentang masalah yang akan atau sedang diteliti masih sangat terbatas, Pertanyaan dalam studi perkenalan ini misalnya : Apakah yang paling membuat anda bosan ketika sedang berada dalam ruang belajar ? Menurut anda bagaimana agar anda tidak merasa bosan ketika sedang berada dalam ruang belajar ?

3.   Pengertian “Penelitian Eksplanasi”, adalah : penelitian dengan menggunakan data yang sama, menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis;

4.   Pengertian “Penelitian Evaluasi” adalah : penelitian yang bertujuan untuk mencari jawaban tentang pencapaian tujuan yang digariskan sebelumnya. Evaluasi disini mencakup Sumatif (dilaksanakan pada akhir program untuk mengukur pencapaian tujuan) serta formatif (melihat dan meneliti pelaksanaan program);

5. Pengertian “Penelitian Pengembangan Sosial” adalah : penelitin yang Dikembangkan berdasarkan survei yang dilakukan secara berkala: Misal : Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin di Kalbar, 1998-2003;

6.  Pengertian “Penelitian Prediksi” adalah : Meramalkan fenomena atau keadaan  tertentu.

Itulah pembagian-pembagian daripada Survei dalam konteks ilmu penelitian. Selain itu juga, surfei memiliki tujuan yang menjadi landasan berpijak dalam setiap kegiatan penelitian (Survei). Tujuan dari survey adalah menginterpretasikan dan menganalisisnya secara sistematis, dan memaparkan data dari objek penelitian. Kebenaran informasi itu tergantung kepada cara yang digunakan dalam survei.

Sekarang kita akan membicarakan tentang manfaat dari Survei, pastinya kawan-kawan bertanya-tanya bukan, apa sich sebenarnya manfaat dari sebuah survei ? karna kita semua berfikir bahwa untuk apa kita melakukan sesuatu hal tanpa mengetahui manfaat dari apa yang akan kita kerjakan, Nah . . . ini dia manfaat dari survei, saya akan menguraaikannya berdasarkan hasil literatur yang saya peroleh. Manfaat dari survei diantaranya adalah :

A. Untuk memperoleh fakta dari gejala yang ada

B. Mencari keterangan secara faktual dari suatu kelompok

C. Melakukan evaluasi serta perbandinagn terhadap hal yang telah dilakukan orang lain dalam menangani hal yang serupa

D. Dilakukan terhadap sejumlah individu / unit baik secara sensus maupun secara sampel

E. Hasilnya untuk pembuatan rencana dan pengambilan keputusan.

            

By SARUL MARDIANTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s